Macet Tidak Masalah Karena Cylimakuta Coffee Solusi Hang Out Asyik.

Hai semua. Salam sehat dan damai sejahtera untuk kita semua.

Kembali Belinda hadir di sini berbagi info kuliner yaang saya kunjungi sepulang dari Go!Wet Waterpark lalu.

Pernah melewati Pasar Gemblong yang terkenal menjual mainan itu pada jam pulang kantor? Yang rumahnya area Pondok Bambu, Duren Sawit sekitarnya sudah makanan sehari-hari suka tidak suka pasti melalui jalan ini ya. Apalagi yang mau pulang ke arah Bekasi. Melewati Jl. Basuki Rachmat. Yang letaknya Sepanjang bahu kiri Banjir Kanal Timur (BKT) jadi pilihan tepat bagi pengenvdara yang menghindari tol.

Tinggal di Jakarta hujan sedikit saja pasti jalanan macet. Nah sekarang yang bosen saat stuck kemacetan di jalan ini. Atau ingin cari tempat hang out, yuk melipir ke Cylimakuta Coffee.

Tempat ini kabarnya bukan hanya memanjakan penikmat kopi loh. Sekarang kan lagi bulan Ramadhan nih, tempat ini juga pas untuk berbuka puasa. Mau ngeteh dan cari yang ringan sampai menu makan malampun tersedia disana.

Tampak muka Cylimakuta Coffee. Foto dokumen penulis.

Ternyata saya sudah pernah mengunjungi Cylimakuta Coffee beberapa kali waktu masih di lokasi yang lama di Jl. Kolonel Sugiono. Tepatnya sebelum Sasi Kirana Spa.

Review Tempat Cylimakuta Coffee

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.54, Cipinang, Jakarta Timur.

Bar Cylimakuta Coffee. Foto dokumen penulis.

Tidak tahu tempatnya? gampang, gunakan aplikasi Google Maps. Ketik namanya (keywordnya) langsung keluar.  Kalau saya sih termsuk yang paham baca peta dan arah mata angin bila menggunakan kompas. Kan dulu waktu pramuka diajarkan pembina. 😉

Kalau di Google Maps ada, pasti tidak mudah nyasar. Foto dokumen penulis.

Gampang banget pemirsah… ancer-ancerannya itu habis pasar gemblong, apartemen Basura City, kan ada Giant Supermarket, masih ikutin jalan di bahu kiri ada  Pempek Glory,  mulai siap ambil ancang-ancang arahkan kendaraan ke sisi bahu kiri jalan, karena tidak lama dari situ ada jembatan penyeberangan, langsung melipir ke kiri tempatnya pas di posisi turunan jalan.

Jembatan penyeberangan membantu pengendara menemukan lokasi. Foto dokumen penulis. 

Jam operasional dan hari : 

17.00-23.00 Senin-Jumat.

17.00-24.00 Sabtu-Minggu. Pengunjungnya lebih ramai dari hari biasa. So bagi yang suka tempat khusus, bisa reservasi nomor meja posisi favoritnya. Nomor kontaknya bisa di lihat dibawah ya.

Bagaimana bila ingin mengadakan acara di tempat ini siang hari? Coba hubungi nomer kontak di bawah ini ya.

Telepon: 

+62 8121874774 

Sosial Media: 

Facebook : @CylimakutaCoffee

Instagram : @cylimakuta

Suasana Tempat: 
Lokasi yang baru ini lebih luas mulai dari tempat parkirnya. Space cafenya pun lebih leluasa.

Terbagi dua area. Area luar yang terbuka itu bisa untuk penikmat kuliner dan hangout bareng teman yang merokok.

Nah yang dalam ruangan berairconditioner dapat dinikmati yang tidak merokok. Much hommy dari yang diluar tentunya. Dari tempat yang lama sampai yang baru ini, ini tempat favorite saya dan putri saya.

Untuk mom and dad yang mau rapat, reunian atau arisan sama teman jangan takut bawa anaknya. Di tempat ini disediakan mainan untuk anak-anak untuk menghabiskan waktu menunggu orangtua mereka meet up. Dari Uno Stacko, Halma mainan yang dapat dimainkan untuk keakraban anak dan orangtua.

Tampak anak-anak menikmati mainan. Foto dokumen penulis.

Nah yang tidak suka nunggu teman rapatnya, ada bacaan juga tersedia. Yang hobi baca bakal tidak berasa nunggu rekan kerja, eh tahu-tahu orangnya sudah datang. Ciamik ya.

Tempat ini juga didukung fasilitas wifi. Mantappp. Betah deh lama-lama di sini.

Pilihan Menu dan Harga : 

 

Daftar menu dan harga Cylimakuta Coffee. Foto dokumen penulis.

Saya sudah 4 kali saya ke lokasi yang lama. Favorite anak saya adalah Ice Milo Dino Rp.22.000,- dan Smoke Beef Pizza Rp.30.000,- dan Pizza Keju Rp.25.000,- pada kunjungan kami pertama. Pada kesempatan kedua putri saya memesan Roti Bakar Keju Coklat Rp.20.000,-, PizzaSmoke Beef , Ice Milo Dino dan saya memesan Ice Green Tea Blend Rp.20.000,- Selain itu dia suka Mie Kuah Biasa tambah toping telur dan kornet Rp.18.000,-. Disantap hangat-hangat, mmm nikmat. Biasa sebelum memesan ini kami memesan cemilan pembuka dari pilihan Snack yang tersedia di sana yaitu Nachos Rp.18.000,-. Sementara saya selalu pesan Bandrek Rp.12.000,- atau Cappuccino Rp.20.000,- untuk menghangatkan tubuh saya. Kalau lagi mau yang dingin, saya pesan Ice Coffee Latte Blend Rp20.000,-. Sementara suami saya suka Cappuccino dan Affogato Rp.16.000,-.

Nachos Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.

 

Pizza Smoke Beef, French Fries, Ice Chocolate dan Hot Chocolate. Foto sumber Dewie Sudiono, zomato.com.

Untuk Pizza ada 7 macam topping pilihan, yaitu : Pizza Keju, Pizza Smoke Beef, Pizza Sosis Sapi, Pizza Sosis Ayam, Pizza Keju Susu, Pizza Coklat, dan Pizza Kacang.

Selain itu untuk menu roti-rotian: Ada Burger dan Hotdog dengan dua pilihan warna yang putih dan hitam (charcoal), Sandwich, Roti Bakar 1 rasa, Roti bakar 2 rasa, Toppingnya pun ada pilihan: seperti Telur, Keju, Kornet, atau ice cream, Roti Cane dan Roti goreng.

 

Burger Putih Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta
Hotdog Putih Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.
Burger Hitam Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.

Sosis Bakar, plian Snack di Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.
Hotdog Charcoal Foto sumber Deny Yerianto, Zomato.com
 

MilkShake Overload Coklat Cylimakuta. Foto sumber Dweiasih Anjarsari, Zomato.com

 

MilkShake Overload Vanila Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta. 
Ice Lychee Tea Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.

Nah Ice Lechy Tea Rp.15.000,- ini enak banget buat nemenin Nasi Goreng Telor Cylimakuta Rp. 20.000,-  bila tambah toping Sosis atau Smoke Beef tingal tambah Rp.5000,- atau Rice Bowlnya Rp.16.000,-

 

Nasi Goreng Tlor Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.

Rice Bowl Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.

 


Spaghetti Carbonara di Cylimakuta Coffee. Foto sumber @cylimakuta. 
Untuk penyuka pasta, Cafe ini menyediakan pilihan Spaghetti Carbonara dan Spaghetti Bolognaise. Semua seharga Rp.20.000,- . Untuk Mie Kuah susu seharga Rp.15.000,-. Mie Cylimakuta Rp.15.000,-. Pizza Mie Rp.15.000,-

Mie Kuah Susu Cylimakuta Coffee. Foto sumber @cylimakuta.

Mie Cylimakuta. Foto sumber @cylimakuta.
Pizza Mie Cylimakuta. Foto sumber@cylimakuta. 

Mengingatkan masa kecil saya ketika berkunjung ke rumah Opa Eyang Sito di perumahan dokter Puspitek. Omanya selalu membuatkan kami cemilan sore seperti bolu kukus merekah mocca, vanila, coklat dan pizza mie yang lezat. Jadi setelah periksa gigi kami selalu disuguhkan cemilan ini. Duh jadi kangen keluarga dari Eyang di sana nih aku. Sehat-sehat buat opa oma di sana.

Roti Bakar Coklat + ice cream. Foto sumber @cylimakuta.
Untuk Roti Bakar ada pilihan rasa: Kacang, Milo, Sarikaya, Keju dan Coklat. Harganya Rp.12.000,- yang satu rasa sementara yang dua rasa Rp.15.000,-

Kalau mau yang versi rumah, tersedia juga topping telur, dan kornet. Tinggal tambah Rp.5000,-. Mau tambah Ice Cream pun tinggal tambah Rp.5000,-

Roti Bakar Green Tea. Fto sumber @cylimakuta.

Pancake +ice cream. Foto sumber @cylimakuta.
Untuk pancake ada 3 varian rasa saus : Caramel, Strawberry dan Coklat. Rp.12.000,-

Mau di tambah topping Keju atau Ice cream? tinggal tambah Rp.5000,-

Kopi Espresso. Foto sumber @cylimakuta.
Kopi Affogato. Foto sumber @cylimakuta.


Stafnya: 

Ramah, cepat meresponi, dan memberikan edukasi buat saya.

Edukasi yang saya dapat:

Pernah tahu ada penikmat ngopi tapi less of knowledge about it? Kayanya cuma saya nih. Tukang sruput yang tidak pernah tahu detailnya. Hihihi. Jago minum dan makannya doang.

Nah waktu kemarin saya kesana, dapat sedikit ilmu nih. Dari pemilik tempat dan staf di sana.

Untuk penderita maag seperti saya baiknya menikmati kopi jenis Arabika. Karena kadar asam kopi tipe ini lebih rendah.

Sementara selama ini kopi kemasan yang umum saya nikmati saat  santai dirumah itu ternyata jenis biji kopi Robusta, ternyata kadar asamnya lebih tinggi, tidak heran maag saya suka kumat.  Makan sambalnya lancar jaya. Ngopinya pun masih doyan.

Oh ya bicara tentang kopi di Cylimakuta Coffee ini ada 2 cara pembuatan coffee loh.

Yang menggunakan mesin itu yang pilihan menu Espresso Based dan ada yang Coffee by Manual Brew. Nah terakhir ini ada alat khususnya teman-teman. Ih senang deh saya nambah pengetahuan di sini.

Untuk Coffee by Manual Brew  itu pilihan menunya :

Kopi V-60. Foto sumber @cylimakuta.

V-60 kopi: pastikan alat filternya seperti pada gambar diatas itu yang berwarna merah harus bersih, Biji kopi yang sudah digrind (giling) menjadi bubuk taruh di bagian bawah. untuk menghasilkan kopi 250 ml membutuhkan 17 gram bubuk kopi. Taruh 35 ml air dan diamkan 30 detik agar meresap. Kemudian tuang 120 ml pada bagian atas dan diamkan mengalir kebawah lakukan ulanng hingga 250 ml. Proses ini harus berakhir sebelum 3 menit.

Vietnam drip Kopi. Foto sumber @cylimakuta.

Pada Kopi Vietnam Dripp : Biji kopi yang sudah digiling, ditakar dengan sendok kopi 8-12 gram per 150 ml air. Taruh bubuk kopi pada bagian bawah alat, kemudian kunci rapat, alat jika sudah benar terkunci siap dituang air panas yang bersuhu 92-95 derajat Celsius, tidak punya alat termometer, diamkan air yang baru mendidih sekitar 1 menit. Tuang air panas dan air kopinya akan menetes beberpa saat kemudian pada gelas yang dibawah. Kisaran 10-15 menit sebelum siap diminum. Proses ini namanya brewing.

Di Vietnam sendiri, minum kopi ini dinikmati sebagai ritual harian masyarakatnya dan tidak ada waktu khusus untuk menikmatinya. Biasa dinikmati sambil duduk diatas kursi bale warung dipinggir jalan, biasa ditemani penganan seperti Lumpia Vietnam.

Alat Kopi Frech Press. Foto  dokumen penulis.

Menikmati kopi ala Frech Press, caranya pun sama, bubuk kopi hasil gilingan ditaruh di bagian bawah. Kemudian masih pada posisi alat diatas. beri air panas, Kemudian tekan alat perlahan ke bawah dan press bubuknya. air yang naik ke atas itu hasil perasan bubuk kopi dibawah, jadi air kopi yang diminum kita itu bebas ampas.

Alat kopi Syphon. Foto sumber @cylimakuta.

Dari semua alat, alat yang ini mengingatkan saya laboratorium pelajaran IPA atau kimia. Pertama air ditaruh di tabung bawah. Kemudian panaskan. Kopi yang sudah digiling dimasukan pada bagian atas tabung. Nanti air naik sendiri ke atas.

Alat Kopi AeroPress. Foto sumber @cylimakuta.

Prosesnya mirip dengan Frech Press. Bubuk kopi dipress kebawah. Alat ini ditemukan oleh Alan Adler pada tahun 2015. Memiliki design yang unik seperti sebuah suntikan kopi. Membuat ekstrasi kopi secara menyeluruh (full immersed). Alat ini untuk menikmati kopi Espresso dengan cara manual. Memiliki harga yang lebih terjangkau dari sebuah mesin Espresso. Dijual dalam satu paket lengkap. Dapat menghemat waktu menyeduh kopi, bisa selesai dalam 1 menit. Menurunkan keasaman kopi sampai seperlima jika dibandingkan menggunakan metode drip kopi. Hal ini membuat kopi terasa lebih tebal karena efek brewing timenya yang relatif singkat. Dengan menggunakan suhuh yang ideal, dan tekanan udara dapat menghasilkan juga kopi yang ringan.

Mocca Pot. Foto dokumen penulis.

Semoga sharing saya yang singkat ini bisa menambah wawasan, dan alternatif kuliner buat yang tinggal sekitar. Tempat hang out ini selain nyaman tempatnya, harganya pun masih sangat terjangkau. Saya selalu bawa pulang menu untuk ibu saya. Yuk besok buka puasa di tempat ini ajak teman-teman dan keluarga. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s