Uri-Cran Datang, Anyang-anyangan Hilang!

Hai semua! Salam sehat dan damai sejahtera untuk kita semua.

Hari Minggu, 30 April 2017 lalu saya berkesempatan menghadiri suatu perhelatan akbar komunitas Wajah Indonesia yang kelima diadakan di Pejaten Village Mall. Ada beberapa booth pameran dan bazaar di seputar lokasi acara. 

Penulis mengunjungi booth Prive uri-cran. Foto dokumen penulis.

Awalnya saya tertarik datang ke booth ini karena warna boothnya merah, “eye catching sekali apaan tuh ya?” begitu pikir saya. Ditambah ada dispenser minuman berisi cairan berwarna merah keunguan yang dingin dan tampaknya lezat, “mmm… worth to try nih tampaknya”. 

Penulis membeli produk saat pameran. Foto dokumen penulis

Survei membuktikan, 5 dari 10 wanita pasti pernah mengalami anyang-anyangan. Salah satunya saya pun pernah mengalaminya.

Fakta menyebutkan hasil diagnosa ditemukan: dibanding pria, wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Salah satu gejala awalnya sering disebut anyang-anyangan ataus rasa ingin buang air kecil terus menerus, yang kadang juga disertai nyeri dan pembuangannya tidak lancar.

Berbeda dengan dua fakta di atas. Mengetahui kedua hal tersebut, saya jadi teringat rekan kerja di tempat bekerja dahulu, pekerjaannya dari pagi hingga sore itu selalu duduk di meja kerjanya. Ia mengerjakan banyak tugas administrasi, di dalam ruangan bersuhu dingin. Jarang sekali Ia mau meninggalkan  meja kerjanya, meski jam istirahat makan siang sekalipun. Sepanjang hari Ia duduk dan bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saya hanya melihatnya sekali atau dua kali meninggalkan area kerjanya, untuk makan siang atau ke toilet. Dan saya perhatikan Ia juga jarang sekali minum, karena menurutnya minum air putih meski sedikit, dapat membuatnya sering ke toilet untuk BAK (Buang Air Kecil).

Suatu ketika 3 hari Ia tidak masuk tanpa berita, tentu tanpa kehadirannya keadaan di kantor jadi tidak lancar, karena ada satu fungsi yang tidak berjalan semestinya. Kamipun khawatir dan segera mencari tahu ada apa dengan rekan kerja kami. Setelah menghubungi keluarganya, kami diberitahu kalau teman kami ini masuk rumah sakit karena infeksi saluran kemih (ISK). Mengapa hal seperti ini terjadi padanyanya ya? Kamipun segera mencari tahu dan mendatangi ruang istirahatnya di rumah sakit tempat Ia dirawat setelah mendapat ijin besuk.

Saat kami kunjungi, teman saya ini bercerita, dia baru saja mendapat tindakan yang menurutnya cukup tidak nyaman dan sakit pada saluran kencingnya. Dia berpesan kepada kami agar mau mengambil jeda istirahat, bila bekerja dibalik meja, sesekali berdiri dan melakukan olah raga stretching berdiri baru kembali bekerja lagi. Banyak minum air putih dan jangan suka menahan BAK. Nah yang terakhir inilah penyebab utama teman saya ini masuk ke rumah sakit dan harus istirahat selama satu minggu.

Siapa saja yang dapat terkena resiko anyang-anyangan ?

Orang dewasa baik pria maupun wanita, anak-anak dan ibu hamil dapat terkena resiko mengalami anyang-anyangan.

Waspadai Infeksi Saluran Kemih  bila terjadi pada ibu hamil dapat beresiko kepada bayi yang dikandungan dan kepada resiko kehamilannya.

Sekilas mengenai Infeksi Saluran Kemih secara kedokteran.

Menurut informasi yang saya dapat melalui  Farmakoterapi Infeksi Saluran Kemih.

Infeksi Saluran Kencing/Kemih (ISK) adalah adanya mikroorganisme pada urine yang tidak bisa dianggapa sebagai kontaminasi. Dimana organisme ini mempunyai potensi menginvasi jaringan saluran urin dan struktur terdekat.

Berdasarkan tingkat komplikasinya : 

  1. Komplikasi ISK terdapatnya infeksi pada saluran kemih disertai penyulit (lesi) anatomis maupun fungsional saluran kemih misalnya sumbatan muara uretra, refluks vesikoureter, urodlithiasis, parut ginjal, buli-bili neurogenik, dsbnya.
  2. Tidak Komplikasi ISK : adalah terdapat infeksi pada saluran kemih tetapi tanpa penyulit (lesi) anatomis maupun fungsional sauran kemih.

Ada dua jenis Infeksi Saluran Kencing yaitu yang berada di area bawah dan atas.

farmakoterapi-infeksi-saluran-kemih-4-638
2 Jenis ISK. Foto dokumen slideshare/rahayuwahyuningsih5

Beberapa tipe ISK :

  1. Cytitis (Inflamasi Kandung Kemih). Disebabkan infeksi dari uretra. Terjadi karena aliran balik urine dari uretra kedalam kandung kemih ( karena refluks utrovesikal, kontaminasi fekal, pemakaian kateter, atau sistoskop). Seringkali bakteri berhenti di kandung kemih dan berkembang biak disana. Sehingga menyebabkan peradangan dan memicu gejala akrab infeksi kandung kemih. Cytitis ini cukup umum dikalangan pasutri dan wanita yang aktif secara seksual  pada usia 20 tahun hingga 50 tahun.
  2. Uretritis. Terjadi karena iritasi dan pembengkakan uretra. Disebabkan karena bakteri E.colli, Clamidia, dan virus Herpes.
  3. Pyelonephritis. Bakteri tidak hanya terletak dikandung kemih saja. Bakteri dapat melakukan perjalanan dari kandung kemih melalui ureter menuju ke ginjal. pyelonephritis. Seperti dikutip dari Bahaya Infeksi Saluran Kencing Pada Ibu Hamil. Ini komplikasi medis yang serius dan paling umum terjadi pada ibu hamil. Dan infeksi dapat menyebar melalui aliran darah dan mengancam janin yang dikandung. Meningkatkan resiko persalinan prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Infeksi ginjal ini disebut Terjadi akibat infeksi kandung kemih asendens dan infeksi hematogen. Dimana infeksi bisa terjadi pada salah satu ginjal atau kedua ginjal. Bakteri Asimtomatik yang berada pada saluran kemih ibu hamil, tidak memiliki gejala infeksi saluran kemih. Namun,bagaimanapun juga dapat meningkatkan resiko infeksi ginjal. Segera diobati bila pada saat cek urin kehamilan didapati hal ini.
  4. Prostatitis. Terjadi karena peradangan kelenjar prostat.

 

Menjawab orang yang beresiko terkena ISK dan mengapa.

Apa sih penyebab utama infeksi saluran kemih (ISK) itu?

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang dapat terkena ISK itu? saya pun segera menyelidikinya kepada dokter anak saya dan pada staf di booth saat itu. Ternyata penyebab utama ISK itu 80% nya adalah karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada saluran kemih atau saluran kencing si penderita. Mengetahui hal ini pertanyaan kedua saya pun timbul, kok bisa menempel ya? bagaimana cara bakteri ini bisa menempel?

Bagaimana pada orang dewasa bisa terjadi ?

ISK pada pria dan wanita. Foto sumber Google.
  • Cukup umum dikalangan pasutri dan wanita yang aktif secara seksual  pada usia 20 tahun hingga 50 tahun.
  • Selain karena jaringan saluran kemih yang bermasalah dan dapat terjadi karena bakteri.

Bagaimana bisa terjadi pada anak-anak? 

Infeksi Saluran Kemih pada anak. Foto sumber gejaladanpantangan.blogspot.co.id

Pada anak-anak banyak ditemukan kasus pada anak pria. Seorang ibu yang mempunyai anak laki-laki 6 tahun dan cukup aktif mendapati anaknya sering sekali BAK dan anyang-anyangan pada pagi hari, saat itu menghampiri dokter anak dan bertanya apa penyebab putranya mengalami ini dan bagaimana mencegahnya? Apakah karena putranya itu memang sering dan banyak minum air putihnya? Menjawab pertanyaan ini dokter berkata pada anak laki-laki perlu dicek terlebih dahulu adalah penyempitan pada lubang diujung kulit penisnya (kulupnya).

Pada anak perempuan dapat terjadi karena adanya bakteri E.Colli.

Disertai rasa sakit atau tidak ketika membuang air seni (buang air kecil) . Karena bila salah satu atau dua dari hal ini terjadi kemungkinan memang terkena ISK. Tetapi apabila tidak ada unsur di atas, maka perlu diingatkan agar anak-anak dapat mengatasi susah buang air kecil adalah jangan terburu-buru dalam BAK. Selalu selesaikan sampai tuntas yaitu sampai dirasa air seni sudah habis terbuang.

Bagaimana Wanita Hamil Terkena Infeksi Saluran Kemih? 

Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil. Foto sumber terapiobat.com

Tingginya tingkat hormon progesteron dapat menurunkan kinerja otot ureter, yang menyebabkan lambatnya aliran urin. Ditambah lagi, dengan besarnya rahim akan menekan ureter sehingga urin semakin sulit mengalir melalui ureter seperti sebelum hamil. Kandung kemih juga semakin sulit untuk mengosongkan isi dari kandung kemih itu sendiri sehingga rentan terjadi refluks, suatu kondisi di mana beberapa urin mengalir kembali ke ginjal.

Proses kandung kemih mengosongkan isinya yang semakin lama memberikan bakteri waktu yang lebih banyak untuk berkembang biak di tempat tersebut, bahkan untuk berjalan menuju ginjal. Terlebih lagi, selama hamil urin Anda menjadi kurang asam dan lebih cenderung mengandung glukosa, yang keduanya meningkatkan potensi pertumbuhan bakteri.

 

Beberapa penyebab umum anyang-anyangan :

  1. Bakteri ini dapat ditemukan di toilet umum dan pribadi yang tidak bersih atau tidak hygienis. Ini sebabnya edukasi mencuci tangan sebelum dan sesudah BAK itu selalu penting untuk dilakukan. Karena di area umum ini, umumnya lembab. Bakteri mudah sekali hidup dan tumbuh di sana. Kita tidak perlu menyentuh dudukan toilet yang sudah terkena bakteri sekalipun tetap bisa dapat dari bakteri yang terbang di udara, ketika kita menggunakan toilet. Bakteri yang menempel pada tissue di toilet.
  2. Arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar. Seharusnya dari depan kebelakang bukan sebaliknya. Ini penting juga diajarkan sejak tolet training kepada anak sedari dini
  3. Air untuk membasuh yang tidak bersih.
  4. Sering menahan buang air kecil.

Minum air putih yang banyak mungkin dapat membantu, tetapi tidak menyelesaikan masalahnya. Sebab minum air putih saja,  tidak dapat mencegah anyang-anyangan terjadi lagi.

Pengobatan ISK

Selain obat-obatan medis, saat ini ada cara nikmat dan alami untuk dapat mengatasi anyang-anyangan.  

Buah Cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika, efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.

Namun mencari cranberry tidak semudah itu. Buah ini sukar dicari di pasaran, kalaupun ada di Indonesia, tentu harga buahnya cukup mahal. Selain itu tidak praktis karena harus dijus terlebih dahulu dan rasanya agak pahit dan asam. Belum tentu anak-anak dan penderita masalah lambung dapat menikmatinya.

Bagaimana cara kerja si Cranberry itu?

Proantocyanidin (PAC) dalam buah Cranberry, mencegah bakteri E-colli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama air kencing.

Saat ini kita bisa bahagia, karena ada cara nikmat mencegah infeksi saluran kemih dengan Prive uri-cran. Ektrak Cranberrynya bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan kita dari gangguan anyang-anyangan.

Prive uri-cran ada dua jenis :

  1. Kapsul (Prive uri-cran).

    Komposisinya 250 mg Ekstrak Cranberry
    Dosis 1-2 kapsul/ hari
    Isi per box : 30 kapsul/ box.

  2. Powder Sachet (Prive uri-cran Plus)

Komposisinya:  375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit. C, 0,1 mg Lactobacillus achidophilus, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum.

Dosis : 1-2 sachet/ hari

Isi per box : 15 sachet/ box.

Harga Rp.150.000,- tapi karena sedang promo saya waktu itu beli hanya dengan Rp.65.500,-/box.

Ini model yang saya sangat sukai, karena rasanya yang segar diminum dingin-dingin, saat cuaca terik selain itu mengandung Vitamin C dan Probiotik, ini membantu asupan kebutuhan vitamin harian saya sekaligus menjaga kesehatan lambung saya yang punya penyakit maag. Bakteri penyebab penyakit maag itu bisa sekaligus diatasi ketika saya meminum Prive Uri-Cran Plus ini.

1box Prive Uri-cran berhadiah saat promo pameran. Foto dokumen penulis.

Pengalaman penulis menggunakan produk:  

Saya suka  rasanya, apalagi dinikmati saat dingin. Manfaatnya terasa pencernaan saya tidak lagi sakit. Dan tidak anyang-anyangan lagi. Buang air kecil kembali normal. 

Dimana bisa menemui dan membeli Prive uri-cran? Prive uri-cran ini bisa di temui di Century, Guardian, Watsons, Kimia Farma, Viva Health dan apotik-apotik lainnya.

Yuk ikutan  beli coba dan terima manfaatnya. Jangan lupa simpan bukti pembeliannya. Karena sekarang beli Prive uri-cran kita bisa dapatkan hadiah menariknya. Caranya? Upload Struk Pembelian Uricran dan kumpulkan poinnya. Poin ini nanti dapat ditukarkan dengan hadiah menarik. Untuk info lebih lanjut dapat lihat ke Situs resmi Prive Uri-cran

http://www.uricran.co.id

Facebook fanpage:  Prive Uri-cran

Instagram : @uricran.id

—————–0000————–

Terima kasih sudah membaca artikelnya. Semoga  infonya  bermanfaat. 

Penulis, 

Belinda Meilani P. Kusumo

Hp: 081286061506

E-mail: belindakusumo@gmail.com

Instagram:  @belindagosal

Twitter:  @BelindaKusumo

Facebook:  Belinda Kusumo dan Belinda Kusumo Gosal. 

Iklan

4 Comments Add yours

  1. ane mpo ratne berkata:

    jakarta tempat pipis kadang kadang khawatir akan kebersihan dan private sehingga kita suka nahan kencing. solusi ini menolong kita semua

    Suka

    1. belinda888kusumo berkata:

      Benar Mpok WC umum yg jorok, membuat kita lebih memilih menahan kencing. Sampai menemukan yg bersih dan lebih layak. Semoga kedepannya budaya di negara kita, semua warganya bisa menjadi pengguna yg menjaga kebersihan untuk orang lain. Benar juga ini solusi anyang2an.

      Suka

  2. Djulaeha berkata:

    Saya, saya waktu masih muda riwayat kesehatan saya terkena ISK tp dl blm ada prive uri cran jadi. Jd selain obat dokter saya rajin minum air rebusan alpukat dan kumis kucing. Alhamdulillah sudah beberapa tahun belakangan ini ga pernah kmbuh. Makasih infonya mbak belinda.

    Suka

    1. belinda888kusumo berkata:

      Wuah aku baru tahu rebusan air alpukat dan kumis kucing juga bisa ya Mba? Alpukatnya itu daunnya atau buahnya Mba? Mohon pencerahan.. terima kasih sebelumnya sudah mampir baca artikelnya dan info tambahannya. Saya jadi tambah pengetahuan.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s