Promag Mengatasi Nyeri Lambung.

Hai semua. Salam Sehat dan damai sejahtera.

Kembali Belinda berbagi info kesehatan yang saya dapati pada hari Jumat tanggal 31 Maret 2017 yang lalu bertempat di Restauran Red Bean Central Park jam 10.00 – 14.00 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh Tabloid Genie bekerjasama dengan Promag.

E-flyer undangan sumber dari Instagram Tabloid Genie

Melihat sponsornya dan tema, sepertinya saya bisa mengira pasti Alan membahasa seputar masalah pencernaan. Wuah saya harus ikut mendengar ini, karena saya kan penderita maag. Kebetulan sekali saya kemanapun selalu tidak lupa membawa obat Promag tablet kunyah. Pertemanannya praktis untuk dibawa,   selain itu harganya yang terjangkau, mudah di dapat di apotik manapun bahkan di mini market terdekat.

Dahulu saya sering bulak batik ke specialis internist, hanya untuk mengobati luka lambung saya yang juga kebetulan  bergas karena bakteri dan asam lambung berlebih. Sembuh hanya beberapa bulan, eh tidak lama lagi pasti kambuh lagi. Sebenarnya saya sudah tahu beberapa penyebabnya dari penyakit maag saya. Tapi saya mau memastikan apakah penyakit saya ini bisa sembuh total atau tidaknya.

Saya datang tepat waktu, sudah banyak tamu undangan memakai baju berwarna hijau sesuai drescode hari itu. Segera registrasi ulang dan mengambil posisi modis duduk bagian depan agar saya lebih fokus dan tidak jelas mendengar suara narasumber.

Acara dibuka oleh Mc cantik yang bersahabat  Mba Fania namanya. Ia mengajak lima orang tamu undangan untuk maju kedepan dan bermain games. Kami disuruh melakukan adegan kesakitan ketika maag sedang melanda tubuh kami dengan gaya slow motion (pantomin). Lucu pastinya. Salah satu pesertanya saya. Kami berlima dihadiahkan payung hijau.

Suka sama produknya juga warna hijaunya yang cerah. Foto dokumen pribadi.

Kemudian kata sambutan dari Promag dan langsung disambung oleh dr.Hermin Agustina Silalahi.

Sakit Maag (Sindrom Dispepsia) adalah kumpulan gejala, rasa yang tidak enak dan nyeri di uluhati (epigastrum), saluran cerna bagian atas dan organ sekitarnya.

Beda sakit perut & maag. Foto dokumen pribadi

Penyebab sakit maag: makan tidak teratur,  makan berlebihan, dan makan terlalu cepat.

Kebiasaan cara makan yang salah. Foto dokumen pribadi.
Terima keseimbangan faktor agresif dan defensif. Foto dokumen pribadi.

Sebenarnya ada 2 faktor dalam Lambung kita yang saling menyeimbangkan. Namun bia salah satunya berlebihan pasti jadi tidak seimbang dan menimbulkan masalah pada lambung.

Faktor Agresif  (Pemicu):

Asam lambung itu ada dalam tubuh kita sebenarnya untuk apa sih? Untuk membantu mencerna makanan, menjaga flora lambung, dan membunuh kuman. Bila berlebihan akan mengakibatkan asam lambung bisa naik hingga ke rongga leher. Mengakibatkan luka pada bagian kerongkongan. Radang tenggorokan disinyalir penyebabnya adalah karena asam lambung naik.

Steroid terdapat pada obat-obatan pengobatan tertentu.

Kafein : Terdapat pada Teh dan umumnya Kopi.

Makanan : Pedas, berminyak dan berlemak.  Keju dan coklat juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat. Makan apapun usahakan makan secukupnya.

Stress

Alkohol dan lain sebagainya.

Sebenarnya dalam lambung kita ada 3 (Penangkal) :

Mikrosiskulasi : mempertahankan aliran darah.

Prostaglandin: Bila pembuluhnya lebar tidak akan mudah maag.

Motilitas : Gerakan lambung yang normal akan membantu menjaga kesehatan lambung tapi bila lambung lambat sudah tentu fungsinya tidak berjalan maksimal.

Mengapa pentingnya mengunyah makanan setidaknya 30 kali kunyah? Untuk membantu kerja lambung tidak menjadi berat. Saat makan, makanlah secukupnya. Sebab makanan yang langsung masuk ke perut, akan memicu produksi asam lambung.

Maag itu 26% bisa ditularkan oleh kuman dari si ibu kepada bayi pada saat pemberian M-pASI. Tertransfer ketika si Ibu meniup makanan si bayi. Jadi bukan karena faktor keturunan (genetika).

Maag ada 2 jenis :

Fungsional itu karena lifestylenya. Jenis ini dapat disembuhkan asalkan merubah gaya hidupnya. Stop makanan pedas, berminyak dan berlemak. Stop minum kopi. Stop merokok. Stop minum alkohol. Stop stress.

Organik ini yang terjadi karena bakteri atau virus harus diperiksa ke dokter. Biasanya terjadi karena bakteri Hapilo. Pasien akan diberikan antibiotik khusu membunuh bateri ini bila dokter merasa perlu. Ada 4 jenis obat sekaligus untuk membunuh kasus bakteri yang serius. Maka jangan heran bila sudah menderita parah, pasien diberikan banyak obat-obatan. 2 sebelum makan 1 diantara waktu makan dan 2 sesudah makan. Sperti inilah pengobatan yang saya dapat dahulu, itu normal sekali untuk kasus saya.

Ada pertanyaan bagaimana dengan puasa? Ada pasien yang justru dengan berpuasa malah maagnya sembuh. Karena ketika berpuasa, jam makannya lebih teratur.

Untuk yang berpuasa, dokter menganjurkan : Jangan tunda makan ketika waktunya berbuka, perbanyak makan serat. Perbanyak minum air putih sejak berbuka sampai waktu sahur. Jangan lupa olah raga dan istirahat cukup.

Bagaimana mengatasi ketika ada serangan asam lambung?

Minum air hangat untuk menetralkan produksi asam lambung.

Kompres perut dengan air hangat.

Segera minum Promag. Saat minum harus sesuai takaran.

 

Tentang Gerd. Foto dokumen pribadi.

Mereka yang terkena asam lambung berlebih selain mengakibatkan luka pada kerongkongan sering mengalami panas di dada khususnya pada ibu hamil.

Gerd terjadi karena katup tidak berfungsi baik. Foto dokumen pribadi.
Penyebab heartburn. Foto dokumen pribadi.
Cara mengatasi penyakit maag. Foto milik dokumen pribadi.
Piramida makanan untuk kesehatan. Foto dokumen pribadi.

Saat ini 4 sehat 5 sempurna (susu) sudah tidak berlaku lagi dalam menjaga kesehatan. Makanan  yang dianjurkan untuk sehat adalah porsi terbanyak zat tenaga, kemudian zat pengatur yaitu sayur buah berbagai warna dan terakhir zat pembangun yaitu protein. Yang berada dipuncak tertinggi adalah Gula, Garam dan Lemak .  Sudah harus dikurangi porsinya. Bahkan diatur takarannya oleh pemerintah. Lihat di artikelku Makanan Rumah, The Silent Killer? 

Kandungan Promag. Foto dokumen pribadi.
Macam jenis Promag. Foto dokumen pribadi.

Ada 4 jenis Promag:

Promag tablet kunyah rasa mint, berwarna hijau. Tablet ini sudah diproduksi sejak 45tahun yang lalu loh.

Promag Cair: sirup dalam sachet.

Promag Fruity : tablet rasa anggur. Bagi yang tidak suka rasa mint.

Promag Double Action : untuk lama kerjanya lebih panjang.

Setelah penjelasan dari dr. Helmin. Kami istirahat makan siang.

Suasana jamuan makan siang. Foto dokumen pribadi.

Setelah itu pengumuman pemenang lomba foto Instagram dan video testimony.  Saya berkesempatan kembali memenangkan kriteria foto. Dan mendapatkan extra hampers. Dan foto bersama bintang tamu.

Saya bersama Revalina, Saya bersama Mc, dan bersama dr Hermin. Foto dokumen pribadi.

Terima kasih Tabloid Genie dan Promag untuk kesempatan yang diberikan kepada saya. Senang sekali selain menambah ilmu hari ini menambah teman baru.

Payung hadiah games. Hampers hijau hadiah Instagram. Hampers putih goodiebag.
Iklan

5 Comments Add yours

  1. Aku juga punya mag nih kak, Alhamdulillah ya karena berpuasa itu akhirnya magku tidak seburuk tahun-tahun lalu.

    Suka

    1. belinda888kusumo berkata:

      Terima kasih sudah BW. Iya ternyata dengan berpuasa, produksi asam lambung bisa diredam. Aku disarankan teman, selain puasa, tiap pagi minum air perasan jeruk lemon/nipis hangat. Tapi masih takut melakukannya. Sesekali minum versi infuse waternya. Itupun kl Nyeri Lambung ku sdh berkurang baru berani. He3. Pasien ini sungguh penakut asam. Tp doyan makan sambal.

      Suka

    2. belinda888kusumo berkata:

      Syukurlah ikutan senang dengarnya. Tidak sabar bentar lagi udah mau masuk masa puasa. Saatnya aku meredam emosi si asam lambung ku. Sekalian detox. Biar sehat. Sehat2 buat dirimu & keluarga dsn. Sukses utk ibadah puasa kita toss

      Suka

  2. tatihidayat berkata:

    Kalau aku suka kumat kalau kebanyakan makan gorengan mba

    Suka

    1. belinda888kusumo berkata:

      Terima kasih sudah mampir. Sepertinya saya itu memang harus puasa sambal. Masih blum rela makan tanpa sambal. Segera meluncur juga kesana main2 & jejak. ;).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s