Waspada dan Kenali Kanker pada anak sejak dini.

 

Hai semua. Salam sehat dan damai sejahtera untuk kita semua.

Hari Rabu yang lalu tanggal 29 Maret 2017,15.00 -17.00 Belinda berkesempatan menghadiri acara yang diadakan di Milenium Hotel dengan tema “Waspadai dan kenali kanker pada anak sejak dini”.

E-flyer undangan. Foto sumber dari Komunitas Wajah Bunda Indonesia.

Ibu Pinta Manulang Pangabean, Founder Yayasan Anyo Indonesia membuka acara dengan menjelaskan sedikit tentang latar belakang Ia membuat yayasan non provit ini. Sambil walah satu stafnya membaikan buku berwarna kuning “Waspada & Kenali Kanker Pada Anak Sejak Dini”. Itu bermula selepas kepulangan satu-satunya putra semata wayangnya. Anak pertamanya yang bernama Anyo, ke rumah Bapa. Pada umur 11 tahun, Anyo kecil  didiagnosa oleh dokter terkena  Leukimia. Saat itu Anyo masih duduk dibangku sekolah dasar kelas enam. Tidak habis pikir, bagaimana bisa di usianya semuda itu Anyo menderita penyakit ini.  Ketika itu Anyo kecil gejala penyakitnya seperti typus, wajahnya memucat, tubuhnya mengurus, suka sakit perutnya, dan otot-ototnya. Pengobatan demi pengobatan Anyo jalani dengan perjuangan. Hingga mendapatkan kemoterapi. Tapi tidak lama setelah itu, Tuhan ijinkan Anyo  beristirahat dengan tenang di usianya yang ke 19 tahun.

Ibu Pinta Manulang Pangabean Founder Yayasan Anyo Indonesia. Foto milk dokumen pribadi.

Berdasarkan pengalaman keluarga Ibu Pinta ini, Ia ingin membantu banyak orang tua atau lingkungan anak di luar keluarga untuk mewaspadai dan mengenali kanker pada anak di lingkungan mereka sejak dini.  Sebelum terlambat dan baru diketahui di stadium 4. Itulah yang menggerakkannya mendirikan yayasan ini.

Tanggal 15 Februari 20017 lalu ada penggalangan dana ICC 2017 Alam Sutera ANYO Run untuk  anak-anak penderita kanker, yang diselenggarakan oleh Yayasan Anyo Indonesia, kami peserta yang hadir saat itu diperlihatkan videonya berikut juga video anak-anak penderita kanker yang penuh sukacita melawan penyakit mereka dengan tetap beraktifitas seperti biasa.

dr.Edi Setiawan Tahuteru, S.p (A), MAH. Foto milik dokumen pribadi.

Kemudian disambung oleh pembicara utama kita hari itu adalah dr.Edi Setiawan Tahuteru, S.p (A), MAH. Ia membuka sesinya dengan narasi mengenai orang tua yang anaknya didiagnosa mengidap tumor. Orang tua manapun pasti akan menanggapi berita ini bagaikan dunianya seolah-olah runtuh, tak ada harapan.

Sebenarnya apa sih Beda Tumor dan Kanker itu ?

Menurut kamus kedokteran tumor itu benjolan. Jadi seorang anak yang kepalanya terbentur dinding kemudian ada benjolan, bejolan ini sudah dapat disebut tumor. Namun bukan Tumor yang ditakuti secara kesehatan oleh orang pada umumnya.

Tumor atau benjolan ini ada yang jinak dan ada yang ganas. Yang berhak menentukan ini adalah dokter spesialis patologi anatomi. Jika ganas, barulah dapat dikatakan sebagai kanker.

Definisi Kanker. Foto dokumen pribadi dari slide dr. Edi

Secara mikroskopis, kanker merupakan kumpulan sel yang tidak dibentengi oleh kapsul. Akibatnya , sel-sel ini luruh dan menyebar ke organ-organ lain masuk melalui pembuluh darah.

Beda sel yang sehat dan tidak sehat. Foto dokumen pribadi dari slide dr. Edi

Kanker yang dijumpai pada orang dewasa yang dapat dicegah. Sementara pada anak tidak. Namun himbauan dari UICC (The International Union Against Cancer) tetap harus diajarkan kepada anak sejak dini untuk tidak merokok, makan dengan pola gizi seimbang, dan mengikuti program imunisasi yang berlaku di negara masing-masing. Agar mereka dapat terhindar dari penyakit kanker di usia dewasa mereka nantinya.

Sel Kanker membuka pembuluh darah baru untuk jalan pintas menyerang organ tubuh. Foto dokumen pribadi dari slide dr. Edi

Dari tahun ke tahun terjadi peningkatan kanker pada anak.

Angka peningkatan pasien kanker anak. Foto dokumen pribadi

Kanker pada anak, baru ada satu jenis yang dapat dideteksi dini yaitu kanker by Advertisement” href=”#9488882″> bola mata (Retinoblastoma). Ini jenis kanker tingkat pertama yang banyak ditemui pada anak di Indonesia. Deteksi dini adalah upaya untuk menemukan indikasi kanker pada stadium awal, karena kemungkinan unutk sembuh lebih besar. Kebanyakan mereka yang tidak tertolong baru datang periksa setelah stadium 3 atau bahkan yang terburuk stadium 4.

Jenis Kanker pada anak. Foto dokumen pribadi.

Deteksi dini pada retinoblasma dinamakan “Lihat Merah”. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh tenaga kerja yang sudah terlatih di puskesmas, tidak harus oleh dokter di rumah sakit besar. Pemeriksaannya menggunakan alat yang disebut Ophthalmoscope. Alat ini melihat bagian dalam dari mata anak yang diperiksa. Cara sederhana bila kita foto menggunakan smartphone, aktifkan eyemode. Jika ada pantulan sinar merah itu tandanya sehat. Dengan alat Ophthalmoscope, jika dilihat tetap hitam, memutih atau menguning, itu tandanya mata yang tidak sehat. Kanker ini berasal dari genetika terjadi pada usia anak balita.

Perbedaan mata yang sehat dan tidak sehat. Foto dokumen pribadi.

Kanker pada anak dibagi atas dua kelompok besar yaitu yang cair dan padat. Bentuk cair di dalam tubuh manusia adalah darah. Bentuk padat dapat ijumpai pada semua organ tubuh seperti otak, mata, hati, ginjal dan sebagainya.

Jenis Kanker pada anak. Foto dokumen pribadi.

Jenis Kanker pada anak kedua tertinggi dalam sejarah kasus di Indonesia adalah, Kanker Darah (Leukimia).

Apa sih penyebab kanker pada anak?

Genetika : faktor turunan kanker jenis  Retinablosmata dan payudara.

Kimia : saat ini banyak sekali bahan pangan yang kita tidak ketahui sudah mengandung formalin. Penggunaan bahan plastik yang zat kimianya dapat terurai karena panas. seperti pada botol susu anak. Pemerintah memberi standar yang ada tanda segitiga dan angka 5 di dalamnya. Itulah yang bisa dipergunakan untuk menampung air panas, atau disterilkan dengan cara merebus. Pertanyaannya, yakinkan dengan tanda itu sudah pasti asli menggunakan bahan no 5 sesuai standar kesehatan? Coba saja kita ke suatu toko peralatan yang menjual benda berbahan dasar plastik dari botol, mangkuk, teko, gelas yang semua bertanda yang sama, kita bisa rasakan beda tekstur bahan.

Pada dot btol susu anak, dahulu penemuan pertama adalah dot yang berwarna kuning terbuat dari latex. Sekarang jika bapak atau ibu ingin membelikan buat bayinya, belilah yang bening. Karena yang kuning itu bahannya mengandung kimiawi yang mudah terurai jika kena panas dan zat ini akan bersifat sebagai pemicu kanker (Karsi0genik).

Botol minum anak, ada yang plastiknya seperti susu tidak putih bening. Itu juga tidak baik untuk kesehatan putra-putri ibu.

Saat ini tiga kementrian terkait, sudah menginisiasikan wajib pemberian ASI sampai 2 tahun 2 bulan. Kemudian stop, langsung sambung ke M-pASI. tidak perlu minum susu lagi. Karena pada umur ini anak sudah harus berhenti menedot sudah harus terbiasa mengunyah. Kalaupun anaknya masih suka minum susu, disarankan beli jenis susu yang ada pada tingkat satu yaitu jenis Pasteurisasi atau yang di level aman nomer dua yaitu jenis UHT. Karena yang bubuk itu level jenis kelima (terbawah).

Salah satu professor di Jepang melakukan penelitian pada anak-anak yang minum susu formula. Di dalam usus anak-anak itu ada bintik-bintik gumpalan. Karena anak-anak tidak bisa mencerna susu formula yang terbuat dari susu sapi itu. Henry Nestle, produsen susu pertama yang menjual susu sapi sebagai bantuan bagi anak-anak yang saat itu tidak bisa mendapatkan ASI dari ibunya. Kemudian berkembanglah pebisnis lain karena melihat mangsa pasar. Akhirnya terciptalah kebiasaan minum susu untuk menunjang kesehatan anak secara dunia. Namun sekarang bahkan di Indonesia pun 4 sehat 5 sempurna karena si susu sudah dihapuskan oleh pemerintah.

Susu sapi bukan lagi termasuk makanan pokok. Tapi hanya sebagai pendamping. Susu sapi hanya untuk anak sapi. Susu untuk anak bayi manusia yah hanya yang terbaik dari ASI ibunya. Kita sudah harus membiasakan ini seperti kita melihat minuman soda atau botolan lainnya. Tidak perlu wajib lagi ada di setiap rumah.

Dalam UU Kesehatan Nomer 23 tahun 2009, Pasal 121-123 dan Pasal 200-201 mengatur tentang Perlindungan Hukum Pemberian ASI.

Penelitian terhadap anak remaja pelaku tawuran, disinyalir karena konsumsi susu sapi yang berlebihan sejak dari lahir. Susu sapi mengandung manga yang lebih besar dari ASI. Manga ini membuat seseorang agresif. Pada sapi zat ini berguna untuk melindungi diri anak sapi dari pemangsanya.

Virus : untuk mencegah Hepatitis B. saat ini pemerintah Indonesia menganjurkan dokter untuk mengingatkan orang tua pentingnya segera memberikan vaksin virus ini 12 jam awal setelah bayi lahir dan menerima persetujuan untuk otomatis pemberian vaksin ini pada anaknya ketika masuk rumah bersalin.  Karena ibu yang tidak mengetahui dirinya sudah terpapar virus ini, sudah pasti dapat menularkan virus yang sama kepada bayinya sejak bayi itu dalam kandungannya. Pasti sejak hari kelahiran selambatnya 10 tahun kemudian anaknya pasti terdeteksi mengidap penyakit kanker hati ini.

Bagaimana dengan HPV (Human Papilova Virus)? Vaksin yang diberikan pada anak ini untuk mencegah kanker serviks (kanker leher rahim). Tapi hanya membunuh sedikit dari 100 jenis virus yang menyerang organ intim kewanitaan. Tahukah, bapak dan ibu usia anak wanita termuda pelaku seks di Indonesia adalah anak berumur 12 tahun dan survei ini di dapat pelakunya adalah anak jalanan. Sungguh miris ya? Anak itu sejatinya titipan Allah. Yang harus kita lindungi dan kita bimbing budi pekertinya. Saat ini problem sosial ini sudah bukan tugas dari orang tua anak yang bersangkutan, tugas kita semua warga Indonesia, menyelematkan anak bangsa. Mereka potensial menjadi seorang yang berprestasi dan membangun negaranya. Tapi malah dirusak oleh lingkungan. Ayo kita bekerjasama dengan Pemerintah dan aparat terkait Selamatkan Anak Jalanan. Kita mulai dari sadarkan orangtua dan calon orang tua. Bahwa memiliki anak itu butuh tanggungjawab secara finansial, kesehatan dan sebagainya. Karena sumber pembiaran itu dari orang tua yang tidak mampu jadi pelaku eksploitasi anak.

Radiasi: dari telepon genggam dan lain sebagainya.

Bagi ayah yang masih belum bisa berhenti merokok. Kalau mau menanggung resikonya, sendirian saja ya.. jangan merokok dekat anak sendiri atau siapapun. Karena anak ayah dan orang lain di sekitar ayah punya hak untuk sehat. Jangan siksa mereka pelan-pelan dengan ulah ayah. Perokok pasif justru beresiko lebih besar dari si perokok aktif. Sudah terbukti ya, seorang ibu yang bolong tenggorokannya karena terpapar asap rokok ayahnya sejak bayi.

Seperti yang saya dapati dari pembelajaran terdahulu di artikel saya berjudul Sistem Reproduksi Wanita. Dr. Edi pun mengatakan sel yang menjadi sel kanker itu sebenarnya, sel yang sudah harus mati namun tidak mau membunuh dirinya melainkan tetap bertahan hidup dan menjadi sel jahat.

Pada leukimia, sel kanker menyerang pusat produksi sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). Yaitu menyerang pada sumsum tulang yang berada di tulang-tulang panjang. Kejadiannya seperti sebuah demo dipabrik sel darah putih, yang mengajak prabrik lain tetangganya sel darah merah dan keping darah ikut berdemo.

Pasien yang mengidap penyakit ini pada 7 hari awal biasanya di diagnosa sebagai pasien DBD karena trombositnya menurun dan mengalami demam tinggi. Nah setelah 7 hari tidak sembuh, biasanya akan segera dicek apakah ada kemungkinan si anak ini menderita kanker darah.

Ada seorang anak yang sudah memiliki benjolan besar di leher, orangtunya menduga anaknya kanker getah bening (Limfoma) ternyata setelah diperiksa anak tersebut hanya menderiata TBC. Diberi obat-obatan untuk mengatasi TBC nya tidak lama anak itu sembuh.

Untuk anak-anak yang sudah diangkat  bola matanya karena retinoblastoma, akan diberikan kacamata yang akan diganti per 5 tahun sekali sesuai kebutuhan dan perkembangan tubuhnya yang bertumbuh menjadi lebih besar. Pada kacamata ini digambar bola mata. Agar tampak dari segala arah seolah anak ini masih memiliki mata yang utuh dan menghidari bullying oleh teman-temannya. Harganya berkisar 10 juta.

Waspadai perubahan tubuh & foto kanan bawah anak yang memakai kacamata khusus. Foto dokumen pribadi.

Anak yang dicurigai mengidap kanker padat umumnya akan dilakukan pemeriksaan biopsi, yaitu mengambil jaringan sel kankernya. Pada leukimia akan diambil dari sumsum tulang dan cairan dari punggung. Tidak perlu khawatir pemeriksaan ini anak tidak akan mengalami trauma karena akan ditidurkan terlebih dahulu.

Pengobatan kanker saat ini ada 3 jenis yaitu kempoterapi, radioterapi dan operasi. Jangan dihindari, semakin lama menunda pengobatan sel kanker makin bermutasi dan menyerang organ tubuh yang lain. Sangat cepat invansinya.

Lima kelompok besar pengobatan anti kanker ada alkaloid, vinca, antimetabolit, antibiotik, enzim dan obat-obatan lain yang tidak termasuk dalam kelompok obat yang ada.

Pasien kanker anak bila ditemui di rumah sakit semua wajib menggunakan masker, agar tidak terpapar bakteri atau virus lain dan menyerang daya tubuhnya. Pada mereka diwajibkan pemberian sari wortel karena mengandung antioksidan tinggi. dan dibuat suasana selalu penuh sukacita. Sebagaimana ada tertulis di Alkitab, Amsal 17 : 22 ” Hati yang gembira adalah obat yang manjur. Semangat yang patah mengeringkan tulang”. Baca juga Jangan Menyerah – Hati yang gembira adalah obat.

Sebelum menutup sesi acara. Ibu Pinta kembali memberi info mengenai:

Dukungan yang kita bisa berikan kepada Rumah Anyo yaitu membeli kartu flazz bergambar khusus. Untuk pemesanan dapat menghubungi Yayasan Rumah Anyo Indonesia. Senilai Rp.100.000,- kita bantu penggalangan dana buat anak-anak penderita kanker di Indonesia.

Kartu Flazz Bergambar Khusus. Untuk mendukung YAI. Foto dokumen pribadi.

Dengan belanja di Indomaret, hasil donasi kita kan diberikan kepada Rumah Anyo.

Rumah Anyo, adalah rumah sementara untuk pasien kanker anak yang lokasinya berdekatan dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais dan  RSAB Harapan Kita. Di rumah inilah Ia ingin anak-anak yang menderita penyakit ini dan membutuhkan rumah untuk pengobatan. Namun tidak memiliki biaya untuk perawatan rumah sakit, mereka akan diperbantukannya.  Kapasitas pasien 18 orang, setiap pasien wajib didampingi oleh satu anggota kelurga yang telah dewasa. Biaaya saat ini hanya Rp.5000/hari/kelurga (Pasien dan Pendampingnya) *sudah termasuk uang makan. Luarr biasa ya teman-teman..

Yuk kita satu hati doakan :

  1. Ibu Pinta bisa menolong mereka melalui tangan-tangan kita semua yang sudah diberkati lebih dulu.
  2. Doakan anak-anak yang suda terlanjur sakit  selalu ada sukacita, mendapat kekuatan dan motivasi untuk sembuh. Ada pemulihan terjadi buat mereka.
  3. Doakan anak-anak Indonesia untuk kedepannya tumbuh menjadi anak-anak yang sehat. Penyakit kanker berkurang. Karena semua sudah menjalani gaya hidup sehat dan bersama menjaga lingkungan tidak tercemar.
  4. Doakan tenaga medis kita mendapat jawaban  cara mencegah penyakit ini.
  5. Doakan kita bisa bahu membahu menyelamatkan anak jalanan dan mengembalikan mereka ke lingkungan sosial yang sesuai umur mereka yaitu sekolah bukan bekerja untuk orangtua mereka di usia bawah umur.

————————————————————-oooo——————————————————————-

(Belinda Kusumo)

Iklan

3 Comments Add yours

  1. EchiZhou_Desi berkata:

    Jadi lebih tau perbedaan tumor dan Kanker, terima kasih infonya mba

    Suka

    1. belinda888kusumo berkata:

      Sama-sama Bun Echi, senang bisa bermanfaat infonya.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Ade UFi berkata:

    Bener banget, mba.. banyak2 doa deh. Karena cuma doa yang mampu merubah takdir illahi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s