Liputan Blogger Day 2017

Hai Semua. Salam Sehat dan damai sejahtera bagi kita semua.

Kembali Belinda hadir di sini untuk berbagi informasi. Yang saya dapati dari kegiatan saya selama menghadiri acara ulang tahun @bloggercrony kedua. Acara ini dihadiri oleh teman-teman blogger lintas komunitas. Wow ada yang datang dari Lampung, Banjarmasin, Bandung dan kota lainnya loh. Acara bertempat di Kampung Wisata Rumah Joglo (selanjutnya akan saya persingkat menjadi KWRJ). Selama dua hari.

Hari Pertama ada 3 workshop yang akan diberikan dan berguna bagi penulisan blog. Dan hari kedua akan melakukan GerMas bersama dan menerima pengumuman pemenang berbagai ketentuan.

Hari Pertama. Peserta yang berkesempatan hadir dalam acara ini akan berkumpul di titik temu yang ditentukan yaitu Stasiun Kereta Api Bogor. Tepat pukul 11.30 WIB kami dipandu oleh Mba Yayat. PIC (Person In Charge artinya admin yang bertugas). Untuk menaiki kendaaran yang akan membawa kami   berangkat bersama menuju lokasi acara. Rombongan saya kloter keempat yang tiba pukul 13.30 WIB di lokasi acara.

Terima kasih Sisternet untuk pounchnya yang cantik. Foto milik pribadi.

Setibanya di sana kami segera, mengisi daftar ulang. Menaruh tas, menerima bingkisan pounch cantik dari Sisternet dan segera memasang pin BloggerDay 2017 dari BloggerCrony dibaju kami. Kemudian rombongan kami dipersilahkan menikmati hidangan makan siang yang lezat. Menu makan siang hari itu adalah Ayam Goreng Lengkuas, Tahu Goreng, Sayur Asam, di temani kerupuk dan sambal. Sementara peserta yang sudah lebih dulu tiba, sedang menunaikan ibadah sholat.

Pukul 14.00 acara dibuka oleh Mc yang sangat magnetik Yoss Haditya namanya. Saya yang sedang makan ingin segera menuntaskan makan siang saya dan segera bergabung bersama teman-teman di Panggung Utama KWRJ. Tempat dimana kata sambutan dari Mba Wardah Fajri Founder BloggerCrony membuka acara dengan kata sambutan. Kemudian disambung Mas Ario Fajar perwakilan dari PT. Soman Indonesia memberikan ucapan kebahagiaannya dapat berkumpul bersama kami. Ditutup dengan pengumuman pemenang Best E-poster Facebook Share by SoMan. Selamat ya buat para pemenang. Saya ikutan berbahagia.

Dari Pangung Utama kami berpindah lokasi menuju Pendopo, untuk mengikuti acara inti pertama hari ini yaitu Blogger Hangout. Pembicara  workshop pertama adalah Mas Ferri Yuniardo dari Dikidi. Dalam workshop ini Ia akan membagikan ilmu dengan tema “Social Media vs Real World”.

Ferri Yuniardo dari Dikidi. Pembicara Workshop Pertama hari ini. Foto dokumen Pribadi.

Dalam sesinya, Mas Ferri menjelaskan sosial media itu jangan kita jadikan hidup kita. Kami diperlihatkan beberapa foto Sosial Media vs foto Real Life.

Era digital saat ini membuat pemakai sosial media Instagram dan YouTubers berlomba membuat postingan yang tampak indah. Semua orang seolah jadi artis sekarang.

Contoh foto yang Instragamable versus yang realita. Foto dokumen Pribadi. Dari slide keempat Dikidi

Contoh foto tidur yang tampak rapih. Untuk menghasilkan satu foto itu, semua diatur. Mulai dari rambut yang ditata, wajah yang diberi make up, baju tidur yang digunakan, dan sarung bantal. Agar hasil foto tampak lebih indah dan Instragamable. Padahal realitanya seorang yang benar-benar tidur hampir jarang ditemui tidur dalam keadaan secantik itu dan area pun tidurnya umumnya tidak serapih itu.

Tidak heran saat ini banyak orang di tempat kuliner, mengabadikan makanan itu sebelum menyantapnya. Ada yang melakukannya karena sedang belajar Food Photography ada yang memang sengaja untuk ditampilkan di akun sosial medianya seolah itu hasil dari bikinannya sendiri di dapur.

Menutup akun sosial media karena lelah memenuhi keinginan publik. Bisa memungkinkan kedepannya sosial media akan tiada. Foto dokumen Pribadi. Dari slide ketiga Dikidi.

Kami juga diperlihatkan seorang yang menutup akun sosialnya. Dilakukan karena pemiliknya lelah, harus menjadi orang lain agar tampak cantik dalam postingan akun miliknya. Ia akan tampil dengan dandanan ala make up artis profesial. Memakai pakaian yang tampak seperti selebriti berikut asesorisnya. Membuat dirinya seperti diburu tenggang waktu dan harus memposting hal baru. Itulah yang membuat dia lelah.

Pesan Mas Ferri : Jangan ribet kalau tidak bisa posting dalam sehari. Misalkan biasa posting update sehari 5 kali.  Kalau baru 3 kali postingan, eh jadi panik dan uring-uringan.

Jangan BaPer (Bawa Perasaan) kalau akun kita minim folower (pengikut), ada teman yang tidak membalas komen kita,  tidak berteman dengan kita  (unfriend atau bahkan nge-block akun kita) atau hal lainnya. Seorang yang bisa marah karena postingan orang lain, itu karena Ia merasa sosial media itu hidupnya. Jadi Ia pun mengatur akun orang lain sesuai keinginannya. Padahal orang lain berhak menulis apa saja di akun sosial miliknya.

Dalam acara televisi Hitam Putih semalam pun sependapat, kalau kita tidak suka, yah lewat saja.Tidak perlu berkomentar bahkan mencaci maki. Makin kita mencaci akun orang itu, makin banyak followernya. Kitalah justru berperan menjadikan orang itu lebih terkenal dan banyak followers. Kalau kita membenci, ngapain kita lihatin (stalking) terus akun orang itu? ini sama saj menjadi orang Hypocrite (munafik) kalau kita lakukan hal ini berarti kita suka, perduli dan ingin jadi orang seperti orang yang kita benci.

Sebaliknya jangan juga berpikir postingan kita di sosial media itu harus seperti aslinya kehidupan kita. Bila aslinya tidak baik. Biar bagaimapun orang memilih melihat sesuatu yang indah dipandang mata dan menginspirasi karena ada segi positif.

Dalam sesi ini kami mendapat tips, bagaimana mendapatkan followers:

  1. Me-retweet postingan teman. Kecenderungan orang Indonesia itu bila melihat orang lain sudah tenar (banyak followernya) akan malas me-retweet. Hanya cukup memberi like. Beda sekali dengan orang di Malaysia. Mereka saling membantu untuk re-tweet atau reshare di media Instagram, YouTube dan Facebook.
  2. Manfaatkan keadaan nyata sekitar kita untuk kita posting. Misalkan dengan narasi yang baik disertai foto pemandangan alam atau segelas kopi dipagi hari. Kita selaku pemilik akun, akan tidak terbebani. Karena materinya siap depan mata. Dengan begini bisa memotivasi orang untuk selalu bersyukur.
  3. Bila kita merasa wajah kita tidak cukup tampan atau cantik, berfotolah dengan teman yang cantik dan tampan kemudian diunggah di akun kita.
  4. Blogger itu harus menjadi diri sendiri. Lakukan promosi yang sehat. Rejeki masing- masing dalam hal apapun, itu sudah ada yang mengatur. Tips untuk mendapat followers adalah rajin menulis dan blogwalking. Blogwalking disini jangan sekedar membaca artikel teman. Tapi beri komentar, agar orang lain yang membacanya juga bisa melihat blog milik kita.

Kesimpulan dari sesi ini : Dunia maya bukan dunia nyata. Jangan dibuat stress dan BaPer. Kerja tim jauh lebih cepat meningkatkan jumlah followers. Jadilah Blogger yang disiplin menulis.

Selepas workshop ada penyerahan bingkisan dari penyelenggara acara untuk Mas Ferri dan sesi foto bersama.

drg Kartini Rustandi, M.Kes. Menjelaskan sedikit tentang GerMas dan misi 2017. Foto dukumen Pribadi.

Wow, acara kita di sini tidak hanya mendapat ilmu loh teman-teman. Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Dunia yang daiadakan setiap tanggal 7 April. Kementrian  Kesehatan RI ingin sesuatu yang menggerakkan orang untuk hidup lebih sehat.  drg. Kartini  Rustandi Direktur Kesehatan dan Olahraga dari Kementerian Kesehatan RI. Turut hadir menjelaskan bahwa orang yang sehat belum tentu bugar. Tapi orang bugar sudah pasti sehat. Memperkenalkan tim yang turut hadir untuk membantu kami pagi hari kedua untuk melakukan tes kesehatan kadar Gula Darah dan Kolestrol secara gratis. Bila dilakukan di tempat lain untuk mengecek kadar kolestrol biayanya kisaran Rp.45.000,-. Cek gula darah pun mungkin kisaran harga yang sama.  Selain itu kami juga akan dicek kebugaran jantung dan paru-paru. Peserta Blogger Day 2017 akan melakukan tes kebugaran ini dengan memilih 3 cara, yaitu jalan santai, jalan cepat atau lari. Bila sudah menentukan pilihan harus dilakukan secara konstan. Karena melakukan 2 diantaranya secara bergantian akan beresiko menimbulkan serangan pada jantung bagi pemula yang hampir tidak pernah berolahraga.

Bagi pembaca artikel ini yang tidak berkesempatan hadir dalam acara ini. Bisa melakukan pengecekan  tes kebugaran jantung dan paru-paru di  kantor KEMENKES RI setiap Jumat pagi secara gratis. Disana akan mengitari 2,5 keliling gedung KEMENKES RI. Dan hasilnya bisa segera diambil.

Slide ke2 GerMas Kementerian Kesehatan RI. Foto dokumen Pribadi.

Setuju ya bila membaca slide di atas? Bayangkan skalipun kita punya segalanya, tapi tidak bisa menikmatinya karena menderita sakit.

4 slide mengenai GerMas dari Kementerian Kesehatan RI. Foto dukumen pribadi.

Dalam penjelasan Ibu Kartini, olahraga bisa dimulai secara bertahap dimulai dari:

  1. Aktifitas fisik seperti menyapu, jalan pagi dan tugas harian lainnya. 
  2. Latihan fisik seperti senam rutin. Dilakukan di tempat kerja selama 20 detik. 2 kali sehari.
  3. Olahraga rutin. 

Ketiga latihan di atas, sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar. Agar terhindar dari kecelakaan . Juga dilakukan secara terukur dan teratur. 

Acara berikutnya adalah BloggerView yang diisi oleh moderator Mas Ario Fajar, salah satu perwakilan dari PT. Soman Indonesia dan pembicaranya Mba Tatu Ratna Sari, S.Farm., Apt, Konsultan Produk SoMan dan dr. Grace Maria Salindeho, M.Kes., Konsultan Medis PT. SoMan Indonesia. Dengan agenda Presentasi Produk dan Testimoni.

Mas Ario Fajar, Mba Tatu Ratna Sari, S.Farm,Apt. dan dr.Grace Maria Salindeho,M.Kes dari PT.Soman Indonesia. Foto dokumen Pribadi.

Untuk detail presentasi produk dan testimoni akan saya jelaskan lebih detail pada artikel saya berikutnya yang akan diikutsertakan untuk lomba blog dari PT. Soman Indonesia dengan dateline  20 April 2017.

Ada Games Berhadiah pada sesi ini. Yang dilakukan secara berkelompok. Ada minimal 10 orang tiap kelompoknya. Kami diberi 39 kartu bergambar 39 bahan yang terkadung di dalam produk SoMan Manggata 1. Dan kami harus memilah berdasarkan jenisnya apakah itu kartu jenis buah, jenis sayur, dan jenis rempah. Dan hanya diberi waktu 2 menit. Bersyukurlah dari 8 kelompok ada 3 kelompok terpilih yang tercepat. Kemudian disisihan menjadi kelompok yang memiliki salah 3, salah 2 dan salah 1. 

Saya bersama teman satu kelompok memenangkan games berhadiah. Foto sumber Instagram BloggerCrony.

Karena kelompok kami pemenangnya, kami memiliki kesempatan untuk menerima haiah games, yang berisi flyer produk, buku, ada yang mendapat payung  smentara lainnya mendapat tumbler berwarna ungu, dan tentu produk SoMan ada yang dapat kemasan 15 ml. Saya pribadi bersama beberapa teman mendapat kemasan tester 5 ml.

Kemudian pengumuman pemenang Live Tweet dari SoMan, selamat ya untuk para pemenang.

Dari sesi ini, Saya yang baru mengetahui produk SoMan sangat bersyukur mendapat pengetahuan baru dan juga diberi produk gratis untuk kesehatan saya. Saya akan meneruskan info kesehatan ini kepada orang sekitar saya. Semoga dengan informasi yang saya teruskan dapat bermanfaat.

18.00- 19.00 WIB istirahat Pembagian kamar, saya dan beberapa teman lainnya segera menempati kamar ketiga dibawah dengan pemandangan menghadap ke kali dan pintu air seperti danau. Mengambil antrian mandi sore dan segera menuju area makan malam di Cafe KWRJ. Sayang setiba di sana, makan malam kami blum tersedia. Karena sepertinya kepala dapur di tempat ini masih belum terbiasa menangani tamu berkelompok sebanyak kami. Sehingga tampak seolah makanan sudah habis dengan teman-teman yang sudah lebih dulu makan. Meski tidak sempat merasakan menu baru, yaitu ikan goreng dan Sayur Lodeh. Saya tetap mensyukuri nikmatnya suguhan dari tempat ini.

Selepas Makan malam kami kembali menyambung aktifitas selanjutnya, yaitu Workshop kedua. Dengan topik mengenai Personality & Personal Branding. Dan judul “Attitude Penting Ya?” yang akan diberikan oleh Ibu Ririn Rosaline.

Slide ke2-4 dari Ibu Ririn Rosaline mengenai Brand Image. Foto dokumen Pribadi.

Dalam sesi ini peserta diingatkan untuk mempunyai Kepribadian yang Baik. Karena hal itu berpengaruh dengan image (anggapan) orang tentang kita. Sudah tidak bisa lagi tuh jaman seperti ini kita tidak perduli sama pendapat orang mengenai kita.

Ibu Ririn Rosaline pembicara workshop kedua. Foto sumber Instagram Bloggercrony.

Jika kita terlanjur dicap orang lain sebagai Brand yang Negatif itu tidak enak dan sulit untuk bisa mengubah situasi loh. Jadi jangan bangga dibilang preman, jutek, ketus, dan kata negatif lainnya. Sekali dicap negatif akan selamanya melekat pada diri kita. Bahkan orang yang belum mengenal kita secara pribadi pun dapat menjauh bila mendengar Brand Image kita yang buruk dari orang lain atau penilaiannya sekilas dalam pertemuan yang singkat waktu.

Slide ke 5-8 dari Ibu Ririn Rosaline. Foto dokumen Pribadi.

Personal Branding itu ternyata :

  1. Bukan hanya untuk tokoh penting, artis, politikus, seniman, career person, businessman/ woman, etc
  2. Bukan Pencitraan Semu
  3. Bukan sekerdar Mengubah Kepribadian
  4. Tidak sama dengan sekedar membuat Kemasan kita Menarik
  5. Hanya untuk yang berusia Muda.

Personal Branding itu harus dilakukan secara:

  1. Persistensi. Ada kekuatan kehendak untuk melakukannya.
  2. Konsistensi. Mampu melakukan hal yang sama terus menerus.
  3. Waktu.
  4. Komitmen.
  5. Berkelanjutan. Dilakukan setiap hari.

Slide 1, 9-11 dari Ibu Ririn Rosaline. Foto dokumen Pribadi.

Ada 9  Winning Personalities (Kepribadian Pemenang) yaitu :

  1. Respecful (Menghargai). Orang ang menghargai orang lain, umumnya akan dihargai orang.
  2. Politeness (Sopan). Orang yang memiliki sopan santun. Umumnya lebih disukai dari yang tidak sopan.
  3. Assertive (Tegas namun dengan cara yang tepat dan baik).  Pribadi yang bisa menyampaikan pendapat dengan cara yang positif. Bisa bilang Ya/Tidak tanpa menyinggung. Orang yang  cara mengemukakan pendapat dan perasaan tanpa memaksakan kehendak serta tidak melanggar hak-hak orang lain. Lebih disukai daripada yang bertele apalagi merugikan orang lain.
  4. Empathy (Berempati). Seorang yang mau menolong sesama, mau mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan. Umumnya lebih disukai daripada orang yang Antipati.
  5. Atentive (Penuh Perhatian). Seorang yang perhatian terhadap orang lain. Meski perhatian itu sederhana. Umumnya si penerima perhatian itu akan merasa hal yang dilakukan orang lain kepadanya itu berkat yang dilakukan dengan usaha. Tentu orang yang menerima tidak akan melupakan hal kecil yang dilakukan orang lain baginya karena itu berarti baginya.
  6. Sincere (Tulus). Orang yang melakukan sesuatu dengan tulus untuk orang lain. Si penerima akan dapat merasakan ketulusannya. Begitu juga sebaliknya. Lakukan hal untuk orang lain dengan tulus.
  7. Optimistic (Optimis). Orang yang selalu berpengharapan baik dalam segala hal. Sangat dibutuhkan ketika orang di sekitarnya butuh dikuatkan. Bisa banyangkan bila kita berada dilingkungan yang semuanya tidak optimis. Tentu kita pun ikut terbawa arus tidak punya pengharapan.
  8. Self Confident (Percaya Diri). Di sini kita berbicara percaya diri pada porsinya yang pas. Tidak berlebihan juga tidak kekurangan. Misalnya saat bertemu dengan orang baru. Jangan sekedar jadi pelaku pasif. Jangan malu untuk berkenalan dengan orang baru.
  9. Hospitable & Friendly. (Ramah dan Bersahabat). Orang yang ramah dan bersahabat, umumnya lebih disukai daripada yang tertutup dan kasar.

Bukan hanya itu saja yang harus kita jaga dalam membangun Brand Image kita. Ada 9 Basic Ettiquettes yang harus kita jaga. Apa saja ya ? Lihat pada gambar dibawah.

Ingatlah :

Slide terakhir Ibu Ririn Rosaline. Foto dokumen Pribadi.

Kesimpulan dari workshop ini :

  1. Pelajari situasi baru dan orang yang akan kita temui terlebih dahulu. Dapat membantu kita dalam membuka atau membuat alur pembicaraan tidak kaku ketika kita bertemu nantinya.
  2. Selalu belajar kembangankan diri. Tantang diri sendiri untuk mau melakukan atau mempelajari yang kita tidak bisa, hingga kita menjadi bisa bahkan menjadi mahir.
  3. Berlakulah selalu Positif di manapun kita berada, dan kepada siapapun.

 

Workshop ketiga hari ini diberikan oleh Mas Anwari Natari. Dengan topik “Menulis Review Elegan”.

Mas Anwari Natari pembicara workshop ketiga hari pertama. Foto dukumen pribadi.
Menulis review yang elegan itu harus dengan kalimat yang efektif.

Kalimat efektif itu seperti apa sih?

  1. Pilihan kata dalam pembuatan judul yang tepat.
  2. Dapat dinalar oleh logika. Dan semua orang yang baca dapat menalar judul dan isi materi dengan kesimpulan logika yang sama.
  3. Jelas sejak di judul.
  4. Menggunakan EYD yang benar. Contoh E-KTP jangan ditulis KTP-el.
  5. Jangan ada Elaborasi Kutipan.

 

Dalam sesi ini kami diberikan 4 contoh kalimat, yang mohon maaf tidak bisa satu persatu saya jabarkan disini. Hanya saya berikan dua contoh. Tapi saya jelaskan garis besarnya ya. Intinya dalam menulis, bila ada penjelasan yang perlu dijabarkan jangan disingkat. Apalagi bila menyangkut nama sebuah institusi. Alih-alih ingin menyingkat kalimat, interprestasi pembacanya bisa berbeda. Malah bisa menimbulkan masalah hukum bagi kita penulisnya.

Contoh kalimat yang salah dan benar. Foto dokumen pribadi.

Masalah Blogger secara umum, bisa dilihat pada gambar dibawah  ini:

Masalah blogger pada umumnya. Foto dokumen pribadi.

Dalam membuat judul dan isi artikel biasakan kita mengkaji 3 hal dibawah ini:

  1. Benarkah orang yang membaca sama-sama mengerti? 
  2. Jika ya, benarkah mengerti dengan tepat? 
  3. Jika tepat, sudah menerima dengan nyaman?

Slide dari Mas Anwari Natari. Foto dokumen pribadi.

 

Hari Kedua. Pagi hari kami bangun dan mengambil antrian untuk mandi. sebelum berolah raga pagi dan melakukan tes kebugaran jantung dan paru-paru. Setelah itu kami sarapan Nasi Goreng dan Telur. Kemudian acara bebas. ada yang berenang, ada yang kembali mengambil antrian mandi dan kemudian berkemas. 

Sambil menunggu antrian tes kesehatan. Foto milik Mba Yayat.

11.00 -12.30 Kami makan siang bersama. Menu makan siang kami Ayam Bakar, Tempe Bacem dan Sayur Tumisan Bakso.


12.30-13.30 Acara pemberian Award. Hadiah diberikan kepada pemenang kriteria :

  1. Most Wanted Blogg Award dari BloggerCrony.
  2. Best Instagram Post dari PT. Soman Indonesia.
  3. 3 testimoni bloggers selama 2 hari acara dari BloggerCrony
  4. 3 peserta teraktif selama workshop dari BloggerCrony
  5. 3 peserta teraktif di medsos dari BloggerCrony
  6. 3 peserta yang memiliki Tes kadar gula darah dan kolestrol baik dan hasil tes kebugaran jantung dan paru-paru pun baik. Dimana saya menjadi salah satu peserta yang berkesmpatan menang dalam kategori ini. dan mendapat hadiah dari GerMas. yay.. terima kasih Allah, terima kasih panitia dan terima kasih Kementrian Kesehatan RI dan sponsor untuk bingkisan hadiahnya. Saya suka sekali.

Tepat 14.00 kami meninggalkan tempat acara, menuju Stasiun Kereta Api Bogor. Dan setibanya di sana pulang menuju rumah kami masing-masing.

Acara ini sukses digelar dan tepat waktu. Sebagai warga pendatang baru di komunitas BloggerCrony, dua hari ini sungguh berkesan bagi saya. Terima kasih Mba Wardah dan Mas Sato beserta jajaran tim admin atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Selamat ulang tahun yang kedua untuk BloggerCrony. Maju terus memberdayakan anggotanya dan semoga kita bersama jadi semakin baik kedepannya. Sehat untuk kita semua dan sampai berjumpa lagi di acara berikutnya.

Untuk review  tempat acara akan saya tulis pada artikel terpisah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

(Belinda Kusumo)

 

Iklan

4 Comments Add yours

  1. EchiZhou_Desi berkata:

    Wah seruu sekali acaranya ya aku juga lom bisa move on

    Suka

    1. belinda888kusumo berkata:

      Terima kasih sudah BW ke artikel ini. Sehat dan sukses juga di sana.

      Suka

  2. dinamars berkata:

    oh baru ngeh Mbak Belinda tuh yang cantik mungil pake baju pink, tho :). seru banget ya Mbak acara blogger day, dapat banyak ilmu.

    Suka

    1. belinda888kusumo berkata:

      Iya..seru. Ini pertama kalinya saya bisa bertemu teman-teman lintas komunitas. Biasa deh anak mamihh. mana boleh sama mamih eike jelong-jelong..hahaha

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s