Book Review: UNSTOPPABLE Hopes karya Gloria Morgen. 

Hi semua, salam sehat dan salam sejahtera. 

Tepat jam 10.00 WIB, Rabu 18 Januari 2016. Datang sebuah paket untuk saya. Wow, ternyata buku yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. 

Buku UNSTOPPABLE Hopes. Karya Gloria Morgen.

Sebagai bookworm, tentu saya tidak sabar segera membaca buku ini. 

Dan benar pemirsah.. Saya sukaaaaa sekali buku ini. Sepertinya bakal ada terus di dalam tas saya kemanapun Saya pergi. 

Rasanya tidak seru ya, kalau buku yang Saya baca ini tidak diulas. Masa Saya nikmatin sendiri manfaatnya, bila Saya dan anak saya diberkati sudah sepantasnya Saya “Paying Forward” (meneruskan) berkat ini. 


1. Informasi buku :

Judul buku: UNSTOPPABLE Hopes (A Guide Book for The Wrong Faculty Students) 

Penulis: Gloria Morgen

Penyunting : Saptono Raharjo

Konsultan Bahasa Inggris : Kennie M W,S.Pd., MBA

Desain : Stevina Vania & Eugenia Sonya Karenina

Desain cover : Yanyan Wijaya

Penerbit:2016 Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia, No.Anggota IKAPI : 246/DKI/04

Edisi: Pertama

Halaman : 155 halaman

Bonus : 1 buah Pembatas buku

Harga : Rp.45.000,-

ISBN : 978-602-394-349-4

Kategori : Pengembangan diri, Karir dan Inspirasi.

2. Pendahuluan: 

Saya yakin pasti ada siswa atau siswi lulusan Sekolah Menengah Umum yang pernah merasa bingung ingin meneruskan jenjang kuliah  kemana bahkan tidak sedikit yang lulus dan mengambil jurusan kuliah karena tuntutan orang tua. Buku ini dibuat oleh penulis Gloria Morgen untuk membantu adik-adik yang sedang menempuh pendidikan khususnya jenjang kuliah yang mengalami kebingungan dan merasa telah salah mengambil jurusan. 

Biografi Penulis: 

Gloria Morgen adalah anak kedua dari pasangan Kenny Wiria dan Nanny Maslim. Ia adalah satu-satunya putri dari 4 bersaudara. Pendiri Glow for Indonesia, organisasi sosial yang dibentuknya sejak 28 Oktober 2012. Pemenang berbagai ajang kompetesi sosial bisnis, menjadi delegasi di berbagai konferensi dan mendapatkan penghargaan nasional dan internasional. Profil dan kegiatannya telah dipublikasikan di berbagai stasiun televisi dan media cetak. 

Gloria Morgen anak bangsa yang berprestasi. Foto milik Gloria Morgen.
 
Oh ya, Gloria Morgen ini salah satu pemenang Review Share Win buku “Kebahagiaan Yang Kutahu” karya Datuk Stella Chin loh pemirsa. Seorang yang lebih muda dari saya usianya namun tetap rendah hati meski kaya akan ilmu dan wawasan. Saya bersyukur mendapat kesempatan untuk berdialog dengannya. 


3. Sinopsis Buku: 

 Latar belakang buku ini dibuat ketika penulis yang perfectionist berharap Ia dapat lulus dengan IPK 4 dan merasa Ia telah salah mengambil jurusan. 

Kalau boleh jujur, sama seperti penulis dahulu ketika kuliah, Saya pun mengalami hal yang sama. Saat itu saya mengambil jurusan Hukum tanpa tahu apa yang bakal Saya hadapi dan karena penerimaan sudah tutup di hampir semua kampus. Semula saya akan dibawa saudara sekolah di Amerika. Tapi gagal karena ibu saya tidak bisa jauh dari saya. Dengan arahan ayah saya, sama seperti ayah, saya mengambil Hukum Perdata dengan harapan nantinya Saya bisa menjadi Notaris. Bekerja di kantor yang mengambil sedikit lahan rumah orang tua Saya. Dengan sangat terpaksa, karena ketidaktahuan saya untuk menentukan pilihan hidup saya sendiri mau jadi apa, akhirnya saya berusaha mengikuti arahan ini tanpa gairah. Sampai akhirnya Saya menemukan nikmatnya belajar pada mata kuliah Hukum Pidana dan berhasil memenangkan pertandingan sampai garis finish meski tidak seperti hasil yang saya harapkan yaitu IPK 4 sempurna. 
Mungkin di luar sana masih ada yang bingung dan tidak tahu mau buat apa. Di buku ini penulis membuka pemikiran adik-adik usia sekolah dan kuliah, bahwa kita tidak sendiri. 
Dari interviewnya kepada Livi Zheng, Diana Rikasari, Dewi Lestari, Billy Simpson, Natasha Alexandra Dewindra, dan Gunawan Susanto serta Biodatanya di akhir buku… Saya jamin pembaca akan dapat ilmu hidup, tergerak hatinya, dan terbuka wawasannya. 
4. Isi Review:
Dalam Bab 1 buku ini pembaca akan dibukakan apakah benar Ia telah salah mengambil jurusan, dan jika benar telah salah, keputusan apa yang harus dia ambil. Tetap melangkah sampai garis akhir atau merubah haluan dan memulainya lagi dari awal dengan resiko membuang biaya dan waktu. 

Dalam Bab 2 pembaca juga akan terbantu untuk menemukan bakat minatnya, sosok model yang layak ditiru dan berada di lingkungan seperti apa untuk bisa membawa dia meraih impian itu. 
Untuk bisa masuk dan berhasil dalam dunia kerja bukan saja dibutuhkan hard skill tapi juga soft skill. Dalam Bab 3 akan dibukakan kemampuan apa saja yang akan membantu pembaca bukan saja dalam dunia kerja tapi dalam kehidupan bersosialisasi. 
Dalam Bab 4, pembaca akan diajak untuk menjadi pribadi dewasa yang bertanggungjawab atas dirinya dan orang lain. 
Dalam Bab 5, pembaca akan dibukakan hal-hal apa yang dapat dilakukan berbarengan selama masa kuliah. Jangan tunggu lulus untuk berkarya. 
Dalam Bab 6, pembaca akan dibantu pekerjaan seperti apa sih yang mau kita kerjakan setelah lulus kuliah? 
Dan terakhir di dalam Bab 7, pembaca akan dibukakan bagaimana membuat CV yang baik dan berhasil pada proses wawancara.

5. Kesimpulan dan Penutup: 
Bagi Saya, buku ini ditulis dengan sangat indah, bahasa yang mudah dimengerti, alurnya terarah, dan sangat bermanfaat bukan saja buat mahasiswa mahasiswi yang merasa telah salah mengambil jurusan, tapi bermanfaat bagi siapapun untuk bidang apapun seperti Saya bahkan oleh anak Saya yang masih berumur 10 tahun sekalipun. Sekali Ia membuka lembarannya, ingin terus membacanya sampai habis. 

Dari buku ini kami kembali di semangati untuk meraih mimpi kami, terus bergerak maju dan menjadi pemenang. Cocok sekali diberikan untuk kado kepada putra putri Ayah dan Bunda usia sekolah  dan yang sedang kuliah yang mungkin lelah dan ingin berhenti dan menyerah. 

Kelebihan buku ini: 

Menurut saya penulis telah berhasil menjabarkan pemetaan pikiran dari tujuan bukunya. 
Mau buku mungil yang lengkap dan menarik untuk dibaca? Mau bantu putra putri Ayah dan Bunda meraih mimpi dan menemukan bakat mereka, tanpa kita kehabisan energi menguliahi dengan nasehat-nasehat yang mungkin akan membuat anak kita semakin menjauhi kita. Yuk buruan beli di toko buku terdekat di kota Anda. 

Lihat dan alami sendiri perubahan  putra-putri ayah dan bunda setelah menyerap kata-kata inspirasi dan motivasi dari tokoh-tokoh terkenal. 

Disisi orangtua pun, akan dibukakan untuk percaya akan kemampuan anak kita dan tidak memaksakan kehendak secara otoriter.

Buku ini bagus sekali. Ada buku serupa tapi buku ini paling ringan, komplit dan mudah diserap. Sangat bermanfaat. Mudah dibawa bepergian.

Kekurangannya: Kalau pembacanya seperti usia sekolah anak saya tentu berharap beberapa lembarnya ada bagian yang berwarna. Syukurlah hal ini tidak menjadi masalah buat anak saya yang sudah biasa membaca. Untuk beberapa quote juga bisa diberi warna. Tapi tentu ada cost lebih ya kalau pembaca mau seperti ini. *main mata. Jadi bagi kami berdua yang membaca buku ini sih tidak ada kekurangan. Pokoknya begitu buka lembaran pertama maunya baca terus sampai habis. Ini bukan pesan-pesan sponsor loh ya. 

Selamat hunting dan membaca buku ini. 

Tinggalkan Balasan

